rosalia indah
1. Bagaimana persyaratan bekerja di BPU Rosalia Indah?
Jawab : Dengan menyampaikan surat lamaran kerja yang disertai daftar riwayat hidup, foto 4x6 2 lembar, fotokopi kartu tanda penduduk, fotokopi ijasah, fotokopi transkrip akademik, fotokopi skck, surat keterangan dokter.
2. Apakah BPU Rosalia Indah akan selalu meremajakan armadanya baik dari interior maupun exterior ?
Jawab : Iya. Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang.
3. Apakah ada rencana dari pihak Rosalia Indah untuk mengadakan pelayanan shuttle?
Jawab : kita sudah ada pelayanan shuttle, untuk sementara ini baru diberlakukan di wilayah Solo-Surabaya-Solo.
4. Asal-usul penggunaan nama Rosalia Indah? Dan sejarah berdirinya BPU Rosalia Indah?
Jawab : Nama Rosalia Indah diambil dari nama anak pertama pemilik Rosalia Indah.
Sejarah BPU Rosalia Indah adalah sebagai berikut :
Pada tahun 1983 pasangan suami istri, Bp.Yustinus Soeroso dengan Ibu.Yustina Rahyuni Soeroso merintis perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa transportasi darat dengan nama PO. ROSALIA INDAH. Dan pada tanggal 15 Maret 1991 Perusahaan Otobus ROSALIA INDAH mengantongi izin usaha BIRO PERJALANAN UMUM (BPU) ROSALIA INDAH No. 05/D.2/BPU/III/1991 dengan alamat kantor di Jalan Raya Solo - Sragen KM. 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. BPU. ROSALIA INDAH mengembangkan sayap usahanya dengan menggunakan sarana angkutan bis dalam mengoperasionalkan unit usahanya. Perusahaan ini selalu mengedepankan pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya ini yang pada tahun 1983 mulai mengoperasionalkan 1 (satu) kendaraan bermesin Isuzu dengan jalur lintasan/trayek antar kota jurusan Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang.
Pada perkembangan selanjutnya armada Rosalia Indah bermesin Colt Diesel. Pada tahun 1990-an ROSALIA INDAH yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP menjadi AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yang lebih memiliki daya jangkau luas dan lebih handal, dengan sumber daya manusia lebih dari 1000 personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa - Sumatera.
5. Makna warna liveri PO Rosalia Indah?
Jawab : warna biru maknanya kesetiaan, dalam menemani perjalanan anda untuk sampai di tujuan. Warna putih maknanya kesucian hati dalam melayani penumpang selama di perjalanan, dan warna merah maknanya keberanian dalam berinovasi untuk kepuasan penumpang.
6. Bagaimana tips Rosalia Indah menjadi kekuatan baru di dunia perusahaan bis serta bersaing bahkan lebih unggul dengan competitor yang lebih dulu eksis sampai sekarang dan menjadi standar pelayanan yang diinginkan masyarakat?
Jawab : BPU Rosalia Indah akan selalu meremajakan armadanya baik dari interior maupun eksterior.
7. Motivasi apa yang membuat Rosalia Indah tetap eksis selama ini ?
Jawab : Rosalia Indah selalu berpegang pada misi dan visi yeng telah ditetapkan menjadi motivasi sejak perusahaan ini dibentuk, yaitu :
Visi:
Menjadi perusahaan transportasi darat antar propinsi dan wisata yang unggul dalam kualitas dan pelayanan demi kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan.
Misi:
8. Bagaimana hubungan kerja antara pihak manajemen dan karyawan agar tetap eksis?
Jawab : selalu menjaga kebersamaan dan sikap kekeluargaan dengan saling menghargai, sikap saling terbuka dan apa adanya, tidak merasa paling benar, mengutamakan orang lain terutama yang lebih tua/senior, untuk yang senior selalu siap membimbing yang muda.
9. Kiat-kiat pihak BPU Rosalia Indah supaya terjadi hubungan harmonis antara pihak manajemen karyawan dan konsumen ?
Jawab : bercermin selalu pada motto Rosalia Indah
“ Rosalia Indah Ada untuk Kepuasan dan Kenyamanan Konsumen “
Maka kami selaku karyawan Rosalia Indah yang bekerja di perusahaan jasa tentu mengedepankan kepuasan konsumen agar tidak terjadi kesalahan yang membuat konsumen kecewa. Kami selalu berusaha meminimalisir komplain-komplain yang ada dan segera menyelesaikannya dengan baik supaya konsumen merasa puas serta tetap setia menjadi pelanggan Rosalia Indah.
10. Bagaimana pihak Rosalia Indah untuk tetap mempertahankan konsumen yang sudah bagus atau untuk tetap memuaskan pelanggan di masa yang akan datang melihat banyaknya persaingan?
Jawab ; BPU Rosalia Indah selalu mengadakan pembaharuan armada-armada, meningkatkan fasilitas armada, dan meningkatkan kualitas pelayanan agar penumpang tidak hanya merasa nyaman tapi juga lebih merasa dihargai dan juga dapat menikmati perjalanan dengan aman, selamat sampai tujuan.
11. Mengapa perjalanan dari barat ke timur terkesan kurang memuaskan karna tidak mendapatkan jatah snack pagi dan utra (karena sudah jarang di beri sekarang) ketimbang arah sebaliknya dari timur ke barat yang pelayanannya lebih memuaskan?
Jawab : sebenarnya untuk fasilitas snack dan air minum UTRA merupakan fasilitas tambahan, dan untuk saat ini baru terealisasi dari arah timur ke barat. Sedangkan dari arah barat ke timur belum bisa direalisasikan secara sempurna karena keterbatasan armada dalam pengiriman Utra dan snack.
12. Apa kesan dan pesan serta harapan BPU Rosalia Indah akan adanya komunitas Rosalia Indah mania yang notabenenya cinta dan perhatian terhadap keadaan BPU Rosalia Indah?
Jawab ; Dengan adanya Rosalia Indah Mania kami berharap Rosalia Indah akan lebih dikenal masyarakat luas dan Rosalia Indah Mania dapat memberikan kritik/saran yang membangun agar Rosalia Indah dapat memberikan pelayanan transportasi yang diharapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia sehingga menjadi BPU yang paling unggul di negri ini..
Jawab : Dengan menyampaikan surat lamaran kerja yang disertai daftar riwayat hidup, foto 4x6 2 lembar, fotokopi kartu tanda penduduk, fotokopi ijasah, fotokopi transkrip akademik, fotokopi skck, surat keterangan dokter.
2. Apakah BPU Rosalia Indah akan selalu meremajakan armadanya baik dari interior maupun exterior ?
Jawab : Iya. Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi penumpang.
3. Apakah ada rencana dari pihak Rosalia Indah untuk mengadakan pelayanan shuttle?
Jawab : kita sudah ada pelayanan shuttle, untuk sementara ini baru diberlakukan di wilayah Solo-Surabaya-Solo.
4. Asal-usul penggunaan nama Rosalia Indah? Dan sejarah berdirinya BPU Rosalia Indah?
Jawab : Nama Rosalia Indah diambil dari nama anak pertama pemilik Rosalia Indah.
Sejarah BPU Rosalia Indah adalah sebagai berikut :
Pada tahun 1983 pasangan suami istri, Bp.Yustinus Soeroso dengan Ibu.Yustina Rahyuni Soeroso merintis perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang jasa transportasi darat dengan nama PO. ROSALIA INDAH. Dan pada tanggal 15 Maret 1991 Perusahaan Otobus ROSALIA INDAH mengantongi izin usaha BIRO PERJALANAN UMUM (BPU) ROSALIA INDAH No. 05/D.2/BPU/III/1991 dengan alamat kantor di Jalan Raya Solo - Sragen KM. 7,5 Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah. BPU. ROSALIA INDAH mengembangkan sayap usahanya dengan menggunakan sarana angkutan bis dalam mengoperasionalkan unit usahanya. Perusahaan ini selalu mengedepankan pelayanan, keamanan, kenyamanan serta kebersihan armadanya ini yang pada tahun 1983 mulai mengoperasionalkan 1 (satu) kendaraan bermesin Isuzu dengan jalur lintasan/trayek antar kota jurusan Yogyakarta - Solo - Surabaya - Malang.
Pada perkembangan selanjutnya armada Rosalia Indah bermesin Colt Diesel. Pada tahun 1990-an ROSALIA INDAH yang semula berorientasi pada pelayanan transportasi AKDP menjadi AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) yang lebih memiliki daya jangkau luas dan lebih handal, dengan sumber daya manusia lebih dari 1000 personil dan lebih dari 140 kantor perwakilan dan agen Rosalia Indah tersebar di Jawa - Sumatera.
5. Makna warna liveri PO Rosalia Indah?
Jawab : warna biru maknanya kesetiaan, dalam menemani perjalanan anda untuk sampai di tujuan. Warna putih maknanya kesucian hati dalam melayani penumpang selama di perjalanan, dan warna merah maknanya keberanian dalam berinovasi untuk kepuasan penumpang.
6. Bagaimana tips Rosalia Indah menjadi kekuatan baru di dunia perusahaan bis serta bersaing bahkan lebih unggul dengan competitor yang lebih dulu eksis sampai sekarang dan menjadi standar pelayanan yang diinginkan masyarakat?
Jawab : BPU Rosalia Indah akan selalu meremajakan armadanya baik dari interior maupun eksterior.
7. Motivasi apa yang membuat Rosalia Indah tetap eksis selama ini ?
Jawab : Rosalia Indah selalu berpegang pada misi dan visi yeng telah ditetapkan menjadi motivasi sejak perusahaan ini dibentuk, yaitu :
Visi:
Menjadi perusahaan transportasi darat antar propinsi dan wisata yang unggul dalam kualitas dan pelayanan demi kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan.
Misi:
- Memberikan pelayanan prima demi kepuasan pelanggan dengan menerapkan Panca Pesona BPU Rosalia Indah yang meliputi keamanan, kebersihan, kenyamanan, ketepatan, dan kekeluargaan.
- Menyediakan sarana dan prasarana yang didukung dengan teknologi informasi yang handal.
- Menerapkan sistem manajemen mutu yang didukung dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
8. Bagaimana hubungan kerja antara pihak manajemen dan karyawan agar tetap eksis?
Jawab : selalu menjaga kebersamaan dan sikap kekeluargaan dengan saling menghargai, sikap saling terbuka dan apa adanya, tidak merasa paling benar, mengutamakan orang lain terutama yang lebih tua/senior, untuk yang senior selalu siap membimbing yang muda.
9. Kiat-kiat pihak BPU Rosalia Indah supaya terjadi hubungan harmonis antara pihak manajemen karyawan dan konsumen ?
Jawab : bercermin selalu pada motto Rosalia Indah
“ Rosalia Indah Ada untuk Kepuasan dan Kenyamanan Konsumen “
Maka kami selaku karyawan Rosalia Indah yang bekerja di perusahaan jasa tentu mengedepankan kepuasan konsumen agar tidak terjadi kesalahan yang membuat konsumen kecewa. Kami selalu berusaha meminimalisir komplain-komplain yang ada dan segera menyelesaikannya dengan baik supaya konsumen merasa puas serta tetap setia menjadi pelanggan Rosalia Indah.
10. Bagaimana pihak Rosalia Indah untuk tetap mempertahankan konsumen yang sudah bagus atau untuk tetap memuaskan pelanggan di masa yang akan datang melihat banyaknya persaingan?
Jawab ; BPU Rosalia Indah selalu mengadakan pembaharuan armada-armada, meningkatkan fasilitas armada, dan meningkatkan kualitas pelayanan agar penumpang tidak hanya merasa nyaman tapi juga lebih merasa dihargai dan juga dapat menikmati perjalanan dengan aman, selamat sampai tujuan.
11. Mengapa perjalanan dari barat ke timur terkesan kurang memuaskan karna tidak mendapatkan jatah snack pagi dan utra (karena sudah jarang di beri sekarang) ketimbang arah sebaliknya dari timur ke barat yang pelayanannya lebih memuaskan?
Jawab : sebenarnya untuk fasilitas snack dan air minum UTRA merupakan fasilitas tambahan, dan untuk saat ini baru terealisasi dari arah timur ke barat. Sedangkan dari arah barat ke timur belum bisa direalisasikan secara sempurna karena keterbatasan armada dalam pengiriman Utra dan snack.
12. Apa kesan dan pesan serta harapan BPU Rosalia Indah akan adanya komunitas Rosalia Indah mania yang notabenenya cinta dan perhatian terhadap keadaan BPU Rosalia Indah?
Jawab ; Dengan adanya Rosalia Indah Mania kami berharap Rosalia Indah akan lebih dikenal masyarakat luas dan Rosalia Indah Mania dapat memberikan kritik/saran yang membangun agar Rosalia Indah dapat memberikan pelayanan transportasi yang diharapkan oleh seluruh masyarakat di Indonesia sehingga menjadi BPU yang paling unggul di negri ini..
Sejarah PO. Nusantara
PO Nusantara didirikan oleh Bapak Yonatan Budianto di kudus pada tahun 1968, yang diawali dengan pengoperasian 2 bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965, yang merupakan bus ex TNI-AL.
Pada tahun 1969 ditambah 5 bus merk ZIEL buatan tahun 1962, yang merupakan bus ex TNI – AU, dan 1970 mulai dirakit bus dengan bodi dari kayu dengan basis rangka bermerk THAMES dari Inggris.
Tahun 1975 merupakan tahun diperkenalkannya besi baja untuk bodi bus di Indonesia, sehingga perusahaan mendatangkan bus dengan merk FORD dari Amerika, dengan karoseri bodi besi baja. Ketika perkembangan dunia otomotif mulai menunjukkan geliatnya di Indonesia, PO.NUSANTARA memperkenalkan kepada konsumennya bus Mercedes Benz dengan mesin depan pada Tahun 1977 (OF Series), dimana seri ini terus dipergunakan hingga tahun 1984, yang kemudian beralih menggunakan Mercedes Benz dengan mesin belakang (OH Series).
Selama kurun waktu tersebut, PO.NUSANTARA berkonsentrasi untuk menangani jalur pendek di Jawa Tengah, Semarang – Kudus – Lasem, hingga pada era tahun 1990 – an, perusahaan mulai mengembangkan operasinya untuk memulai melayani konsumen pada jalur jalur yang lebih jauh dengan memberikan pelayanan yang terbaik.
Seiring perkembangan mobilitas penduduk dan juga perkembangan perusahaan, PO.NUSANTARA kini melayani kota – kota besar di Pulau Jawa, seperti Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan kota kota lainnya di Pulau Jawa.
Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen, PO. NUSANTARA memperkuat jajaran armadanya dengan mendatangkan unit-unit chassis yang diimport langsung dari Eropa, seperti VOLVO dan SCANIA. Sedangkan sebagian besar karoserinya menggunakan karoseri AdiPutro yang sudah terkenal dalam kualitasnya.
PO.NUSANTARA adalah salah satu perusahaan transportasi di Indonesia yang sudah banyak mengoperasikan bus dengan merk SCANIA, sehingga mendapatkan pengakuan khusus dari perusahaan tersebut di Swedia.
Disamping SCANIA kami juga menggunakan merk Mercedes Benz, Hino, dan Volvo untuk melayani pelanggan kami. PO.NUSANTARA juga menerapkan tekhnologi yang canggih untuk menunjang kenyamanan dan keamanan para pelanggannya, seperti pemanfaatan tekhnologi Radio Komunikasi Dua Arah (Two Way Radio Transmission) dan Global Positioning System (GPS) untuk memberikan informasi yang akurat tentang posisi armada yang sedang beroperasi. Kami juga menggunakan ban tubless merk Bridgestone dan Michelin yang mana membuat rasa aman dan nyaman dalam perjalanan.
Sebagai kepedulian kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan rasa aman bagi para pelanggan kami, kami juga mengasuransikan para pelanggan yang menggunakan jasa kami dan juga armada–armada kami kepada perusahaan penyedia jasa layanan asuransi baik nasional maupun internasional.
Disamping terpercaya untuk pelayanan penumpang pada jalur reguler. PO.NUSANTARA juga dipercaya oleh masyarakat yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan untuk mengadakan perjalanan wisata.
Kini dengan armada - armada yang dimiliki dan didukung oleh sumber daya manusia yang berkompeten dan teknologi canggih yang dimiliki, PO.NUSANTARA terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat pengguna transportasi di Indonesia.
PENDUKUNG OPERASIONAL PERUSAHAAN
1. Armada – Armada
Saat ini kami telah dan sedang melengkapi jajaran armada–armada kami dengan beberapa armada kelas dunia, diantaranya Mercedes Benz dengan berbagai macam seri dan juga OH1525 Series (sebuah penciptaan terbaru dari Mercedes Benz, dengan teknologi terbaru yang hadir dari merk yang telah mendunia), SCANIA K 124 I B / 360 HP (tenaga mesin yang dimilikinya dan didukung dengan kenyamanan suspensinya yang baik, membuat unit yang kami impor dari Swedia ini sangat sesuai untuk perjalanan jauh anda), HINO RG 1 JSKA (pengalamannya sebagai salah satu pabrikan otomotif besar, dan telah terkenal akan ketangguhan mesinnya, menjadikan kami memilihnya untuk memperkuat jajaran armada kami), dan VOLVO B7R dan B12M (dengan posisi mesin yang berada di tengah, dimana kami menjadi satu–satunya perusahaan di Indonesia yang memilikinya, membuat kami berencana untuk menjadikannya sebagai mobile home yang nyaman dan aman). Semua armada–armada kami hanya kami percayakan kepada industri perakitan kendaraan bermotor atau karoseri yang telah benar–benar mendapat pengakuan dari dunia transportasi di Indonesia dan dengan menggunakan perlengkapan–perlengkapan yang benar–benar memiliki kualitas yang unggul di kelasnya.
2. Pelayanan
Kami berikan pilihan kepada anda untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan armada–armada kami.
Armada–armada kami hadir dengan pilihan konfigurasi tempat duduk mulai 21 penumpang hingga 59 penumpang, kesemuanya hadir dengan kenyamanan tersendiri yang kami desain khusus untuk perjalanan anda.
Disamping itu, kami juga melengkapi armada kami dengan pendingin udara, yang akan membuat anda merasa nyaman selama dalam perjalanan.
Tak lupa untuk perjalanan jauh anda, kami lengkapi armada kami dengan system audio visual, bantal, selimut, dan kamar kecil, untuk membuat perjalanan anda kian nyaman. Sebagai bagian dari komitmen kami yang tulus untuk anda, kami persembahkan itu semua, hanya bagi anda, masyarakat pengguna transportasi darat yang mendambakan keamanan dan kenyamanan dalam berpergian.
3. Perawatan
Dengan pengalaman operasional yang hampir mencapai 40 tahun, kami terus tanpa henti melengkapi sumber daya manusia kami yang bertanggung jawab terhadap perawatan semua armada yang ada, guna mendukung kelancaran perjalanan para pelanggan kami.
Kami juga bekerjasama dengan pihak Agen Tunggal Pemegang Merk dan juga pabrikan yang ada, baik di dalam maupun luar negeri, untuk bertukar informasi dan teknologi, guna mendukung perawatan dan perbaikan armada–armada yang kami miliki.
Di samping itu, dengan luas lahan untuk perawatan dan pool yang lebih dari 20.000 meter persegi, yang dilengkapi dengan perawatan mesin, bodi, interior, dan jalur uji coba kendaraan, kian mendukung kami untuk mempersiapkan kelancaran jalannya operasional semua armada yang kami miliki. Semua armada kami telah memiliki jadwal perawatan masing-masing berdasarkan jarak tempuh ataupun usia pemakaian yang di standarisasi oleh ATPM atau Pabrikan Kendaraan seperti Mercedes Benz, Scania , Volvo dan Hino yang memiliki standar berbeda mengenai perawatan. Diharapkan dengan terjadwalnya perawatan berkala dapat memperkecil gangguan dan hambatan yang bisa timbul kapan saja dan dimana saja dalam perjalanan. Kami sadar sepenuhnya bahwa keselamatan penumpang kami adalah nomor satu dan di atas segala-galanya, oleh sebab itu kami berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah hal-hal yang dapat timbul karena kurangnya perawatan kendaraan-kendaraan kami.
PEMANFAATAN TEKNOLOGI
a. Tachograph
Beberapa armada kami telah dilengkapi dengan Tachograph, guna memantau kinerja pengemudi dan armada dalam kegiatan operasionalnya. Alat ini membantu kami untuk benar–benar memahami perilaku pengemudi dalam mengemudikan armadanya, apakah telah sesuai dengan yang kami harapkan.
b. Radio Komunikasi Dua Arah ( Two Way Radio System )
Sejak era tahun 80 an, kami sudah menggunakan Radio Komunikasi Dua Arah antar armada dan kantor operasional kami, untuk saling memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masing–masing pihak, dan juga untuk memudahkan dalam pemesanan tiket bagi para pelanggan kami.
c. Global Positioning System
Seiring perkembangan teknologi dunia, saat ini kami juga telah melengkapi armada kami dengan Global Positioning System (GPS) yang menggunakan sarana satelit, guna memantau posisi dari armada kami secara tepat kapanpun diinginkan. Peralatan GPS ini mendapat dukungan dari SoloSystem yang mana perusahaan mereka telah berpengalaman dalam pengadaan alat-alat GPS. Alat ini juga sangat membantu kami dalam mengetahui kecepatan dan posisi kendaraan yang tepat dan akurat bilamana dibutuhkan
diberangkatkan ke mekah :3
Illustrasi - Sumber: Haryanto Mania Group |
Merantau ke Jakarta tanpa uang dan pendidikan, Haryanto akhirnya melamar sebagai anggota TNI. Setelah 20 tahun mengabdi di kesatuannya dengan pangkat terakhir kopral, ia justru sukses berbisnis angkutan umum.
Kini penghasilannya tak kalah dengan para jenderal. Berkat ketekunan, keuletan, dan tentu saja garis keberuntungan yang tergores di tangannya, Haryanto akhirnya memetik buah usahanya. Bagi Haji Haryanto ini disiplin memang bukan hal aneh. Maklum, ia adalah mantan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Jangan pandang sebelah mata. Kariernya di TNI memang berakhir saat ia berpangkat kopral. Tapi, Haryanto benar-benar sukses mengelola bisnis.
Saat ini ia memiliki 83 bus eksekutif yang melayani jalur Jakarta-Kudus, Pati, Jepara, Ponorogo dan Madura Selain itu, ia juga memiliki 150 unit angkutan kota (angkot) yang merajai seluruh trayek di Tangerang serta memiliki show room mobil. Haryanto sendiri sebenarnya tak pernah menyangka ia akan menjadi pengusaha. Pasalnya, ia terlahir sebagai anak desa di Kudus, Jawa Tengah. Orang tuanya hanyalah buruh tani yang punya kerja sambilan sebagai tukang memisahkan tulang dan daging ikan di pasar.
Adapun Haryanto, sejak kecil dididik untuk bekerja keras, mulai dari menggembala sapi milik tetangga, berjualan es atau sebagai tukang ngarit demi menambah penghasilan bagi kelangsungan hidup keluarganya. Maklum, keluarganya adalah keluarga besar. Haryanto adalah anak keenam dari sebelas bersaudara.Meski ulet, ternyata Haryanto cukup bandel. Buktinya, ia tidak menyelesaikan sekolahnya di bangku Sekolah Teknik Menengah (STM) lantaran merasa tidak cocok. Ia lalu kabur dari rumah dan hijrah ke Tangerang. "Saya akan mengubah nasib," begitu tekadnya waktu itu.Berbekal tekad dan semangat yang kuat, di Tangerang Haryanto lalu mendaftar sebagai anggota TNI.
Sejak kecil Haryanto memang bercita-cita bisa berseragam loreng sambil memanggul senjata. Cita-citanya itu akhirnya kesampaian juga. Tahun 1979 ia mulai bekerja di kesatuan angkatan udara Kostrad di Tangerang. "Saya dididik jadi pengemudi, tugas saya mengangkut alat-alat berat, meriam, beras untuk konsumsi dan perminyakan," kenang Haryanto. Penghasilan yang ia kantongi waktu itu sekitar Rp 18.000 per bulan.
Bekerja sambilan jadi sopir angkot karena sudah bekerja dan mengantongi gaji, pada 1982 Haryanto memberanikan diri untuk menikah. Tapi, gaji belasan ribu yang diterimanya tiap bulan itu ternyata tak cukup untuk menambal semua kebutuhan hidupnya. Bahkan, rumah sewa berukuran 3 x 4 meter yang ia huni bersama dengan istrinya tak mampu ia bayar. "Untuk membayar sewa rumah saja saya utang," kenangnya. Kepepet dengan kondisi keuangan yang minim inilah yang justru mempertebal semangat Haryanto untuk mulai mencari usaha sampingan. Pada 1984, dengan modal uang tabungan kurang dari Rp 1 juta, Haryanto nekat membeli satu unit mobil angkutan kota (angkot) buatan Daihatsu.Ia pun lalu menjadi sopir bagi kendaraan pribadinya yang berpelat kuning. Waktu itu rute yang ia tempuh Pasar Anyar-Serpong. "Dulu masih kebun karet, jalannya juga enggak sebagus sekarang," paparnya.
Di sela-sela waktu bekerja sebagai sopir kendaraan militer di kesatuannya, Haryanto pun meluangkan waktunya untuk menyopiri angkotnya. Saban hari ia menyopir angkotnya pada pukul 15.00-16.00, kemudian bekerja di Kostrad hingga pukul 19.00. Selepas pukul 22.00, ia mulai mengemudikan angkotnya lagi hingga dini hari. Suka tidak suka, Haryanto harus mengurangi waktu tidurnya demi menafkahi istri dan ketiga anaknya.Berkat rajin menyopiri angkotnya, tahun-tahun berikutnya Haryanto terus membeli angkot dari uang yang ia sisihkan.
Modal untuk membeli angkot juga didapatnya dari hasil kerja sambilannya yang lain, sebagai perwakilan bus PO Sumber Urip yang ia tekuni sejak 1990-2000. Angkotnya terus beranak-pinak hingga puluhan dan terus bertambah menembus angka 100 unit. "Insya Allah sekarang saya telah memiliki jalur angkot hampir seluruh Tangerang," ungkapnya penuh syukur. Saat ini sekitar 150 angkot ada dalam daftar asetnya. Dari usaha angkotnya saja, jutaan rupiah berhasil ia kantongi setiap hari.Tapi, Haryanto bukan orang yang gampang berpuas diri. Tahun 1990 ia membuka satu gerai showroom mobil di Tangerang yang khusus menjual angkot dari beragam karoseri. Gerai ini tak membutuhkan modal yang banyak, Haryanto hanya menyiapkan lahan bagi mereka yang ingin menjual angkotnya. "Modalnya hanya kepercayaan," tukas Haryanto. Showroom ini pun cukup laris, setiap bulan sekitar 20-30 unit mobil berhasil ia jual.Pensiun dari kopral, gajinya jenderal karena putaran roda bisnisnya semakin kencang, Haryanto pun akhirnya memutuskan untuk keluar dari kesatuannya di militer.
Kendati usianya baru 43 tahun, tahun 2002 lalu, ia melayangkan surat pengunduran diri. "Saya enggak dapat pesangon, tapi dapat pensiun Rp 800.000 per bulan," ujarnya.Sejak pensiun itulah Haryanto justru sibuk dengan mainan barunya, yaitu PO Haryanto yang dirintisnya pada tahun yang sama. Waktu itu Haryanto mendapat kucuran kredit dari Bank BRI sekitar Rp 3 miliar. Uang itu ia gunakan untuk membeli enam unit bus senilai masing-masing Rp 800 juta. "Pinjaman itu saya pakai untuk uang muka beli bus," katanya.Semula Haryanto mengoperasikan busnya untuk rute Cikarang-Cimone kelas non-AC alias ekonomi.
Sayangnya, bus jurusan tersebut sepi penumpang. Maka, ia mengalihkan ke bus eksekutif yang ber-AC dan membuat rute baru yang tujuannya tak jauh dari kampung halamannya, yaitu Jakarta-Kudus, Jakarta-Jepara, dan Jakarta-Pati. Demi menjaga kualitas, Haryanto mendidik sopir-sopirnya agar tidak ugal-ugalan dan diprotes penumpang. Walau sudah menjadi juragan, Haryanto pun tak segan-segan setiap hari nongkrong di terminal, memeriksa sendiri kondisi bus-busnya sambil mendengarkan keluhan penumpang.
Dari putaran roda bisnis di bisnis beragam angkutan penumpang ini, Haryanto kini menangguk pendapatan yang lumayan. Karyawannya pun kini telah mencapai 500 orang. "Saya enggak nyangka sekarang bisa menjadi pengusaha," ungkap Haryanto. Sebagai pengusaha, tentu saja penghasilan pensiunan kopral itu tak kalah dengan para jenderal.
Mengongkosi Sopir ke Tanah SuciPergi ke tanah suci adalah impian Haryanto, pemilik PO Haryanto. Itu sebabnya, ia selalu menyisihkan sedikit demi sedikit penghasilannya. Berkat uang hasil tabungannya itulah, pada 1997, akhirnya ia bisa berangkat ke tanah suci bersama orang tua dan istrinya. Sejak kakinya menginjakkan tanah suci itulah ia berjanji pada dirinya untuk menjalankan bisnis ini dengan sungguh-sungguh. "Alhamdulillah saya bisa ke Mekkah juga dari hasil usaha angkot," ujarnya.
Haryanto agaknya sadar betul bahwa usahanya tak akan berhasil tanpa campur tangan Yang di Atas. Itu sebabnya, ia berikrar akan memberangkatkan sopir-sopirnya ke Tanah Suci. Maka dari itu, setiba dari Mekkah, kendati harga dolar sedang mahal-mahalnya, Haryanto memenuhi janjinya pada diri sendiri untuk memberangkatkan karyawannya naik haji. Kesempatan pertama itu ia hadiahkan pada satu orang sopir yang telah setia bekerja padanya. "Dia sopir pertama yang saya berangkatkan ke tanah suci," ujarnya.
Tradisi memberangkatkan karyawannya itu terus ia pelihara hingga sekarang. Bagi karyawan yang taat dan tekun beribadah, Haryanto tak segan-segan membagi tiket untuk beribadah ke Mekkah.
sejarah OBL
PT. Safari Dharma Sakti (dengan nama dagang PO. SAFARI DHARMA RAYA) mulai berdiri tahun 1969 dikota Temanggung, Jawa Tengah dengan nama PO. OBL yang mana merupakan singkatan initial nama dari pemiliknya Oei Bie Lay (Darmoyuwono).
Rute awal yang dijalani adalah rute jarak pendek yaitu jurusan Magelang - Ngadirejo PP. Dalam perkembangan usaha jasa angkutan ini mulai merambah ke armada bis malam pada tahun 1971 dengan rute Temanggung - Surabaya - Malang PP (baik melalui Yogyakarta maupun Semarang), dan kemudian semakin berkembang dengan menambah rute jurusan Yogyakarta - Jakarta PP pada tahun 1974 dan pada tahun 1989 membuka 2 jurusan baru sekaligus yaitu Jakarta - Denpasar PP dan Temanggung-Yogyakarta - Denpasar PP.
Agar lebih berkonsentrasi pada armada bis malam dengan spesialisasi kelas eksekutif dan super eksekutif maka rute bis siang mulai tahun 1984 tidak dijalani lagi.
Sepeninggal Bp. Darmoyuwono (tahun 1989), PO. SAFARI DHARMA RAYA dijalankan oleh dua orang putranya yaitu Hendro Darmoyuwono yang berkantor di Jakarta dan Santoso yang berkantor di Temanggung dengan di bawah pengawasan lbu Soetari Darmoyuwono.
Mulai tahun 1997 ada penambahan rute baru yaitu jurusan Jakarta - Mataram PP dan Temanggung - Yogyakarta - Mataram PP dan pada tahun 2001 mulai menambah rute baru dengan melayani jurusan Solo – Semarang – Jakarta PP. di tahun ini juga mulai memasuki Pulau Sumbawa dengan membuka rute Jakarta - Bima PP. Sedangkan untuk jurusan Temanggung - Yogyakarta - Bima ijin trayek sudah diperoleh dan saat ini armada sedang dalam proses karoseri, diharapkan sebelum akhir tahun 2003 rute tersebut sudah dapat dilayani.
Atas tawaran dari salah seorang relasi, pada tahun 1999, PT. SAFARI DHARMA SAKTI kerjasama untuk pengadaan beberapa unit bis angkutan bandara guna dioperasikan di bandara Juanda Surabaya dengan masa kontrak selama 3 tahun, yang mana kontrak tersebut telah berakhir pada tahun 2002.
Sejalan dengan banyaknya permintaan dari para pelanggan dan biro perjalanan agar PO. SAFARI DHARMA RAYA tidak hanya menyediakan bis eksekutif dan super eksekutif saja, maka sejak akhir tahun 2000 mulai menyediakan bis-bis pariwisata dengan beberapa pilihan kapasitas tempat duduk sesuai dengan kebutuhan/permintaan para pengguna jasa layanan kami.
Pada tahun 2002 PT. SAFARI DHARMA SAKTI mengikuti proses tender pengadaan & pelayanan bis angkutan bandara yang diadakan oleh PT. GAPURA ANGKASA untuk pelayanan di dalam bandara Ngurah Rai Denpasar & berhasil mendapatkan kepercayaan dari PT. GAPURA ANGKASA untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dengan masa kontrak awal selama 5 tahun.
Dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun menggeluti bisnis transportasi penumpang dengan spesialisasi pada bis-bis eksekutif & super eksekutif yang kemudian diperluas dengan bis pariwisata
dan bus angkutan bandara, ke depan di samping tetap konsisten mengembangkan sektor tersebut, PO. SAFARI DHARMA RAYA akan melakukan penetrasi pasar dengan menggarap kebutuhan akan
armada bis dengan spesifikasi ataupun kebutuhan khusus, misalnya bis untuk angkutan karyawan perkebunan ataupun pertambangan yang menuntut tingkat keselamatan yang tinggi.
Rute awal yang dijalani adalah rute jarak pendek yaitu jurusan Magelang - Ngadirejo PP. Dalam perkembangan usaha jasa angkutan ini mulai merambah ke armada bis malam pada tahun 1971 dengan rute Temanggung - Surabaya - Malang PP (baik melalui Yogyakarta maupun Semarang), dan kemudian semakin berkembang dengan menambah rute jurusan Yogyakarta - Jakarta PP pada tahun 1974 dan pada tahun 1989 membuka 2 jurusan baru sekaligus yaitu Jakarta - Denpasar PP dan Temanggung-Yogyakarta - Denpasar PP.
Agar lebih berkonsentrasi pada armada bis malam dengan spesialisasi kelas eksekutif dan super eksekutif maka rute bis siang mulai tahun 1984 tidak dijalani lagi.
Sepeninggal Bp. Darmoyuwono (tahun 1989), PO. SAFARI DHARMA RAYA dijalankan oleh dua orang putranya yaitu Hendro Darmoyuwono yang berkantor di Jakarta dan Santoso yang berkantor di Temanggung dengan di bawah pengawasan lbu Soetari Darmoyuwono.
Mulai tahun 1997 ada penambahan rute baru yaitu jurusan Jakarta - Mataram PP dan Temanggung - Yogyakarta - Mataram PP dan pada tahun 2001 mulai menambah rute baru dengan melayani jurusan Solo – Semarang – Jakarta PP. di tahun ini juga mulai memasuki Pulau Sumbawa dengan membuka rute Jakarta - Bima PP. Sedangkan untuk jurusan Temanggung - Yogyakarta - Bima ijin trayek sudah diperoleh dan saat ini armada sedang dalam proses karoseri, diharapkan sebelum akhir tahun 2003 rute tersebut sudah dapat dilayani.
Atas tawaran dari salah seorang relasi, pada tahun 1999, PT. SAFARI DHARMA SAKTI kerjasama untuk pengadaan beberapa unit bis angkutan bandara guna dioperasikan di bandara Juanda Surabaya dengan masa kontrak selama 3 tahun, yang mana kontrak tersebut telah berakhir pada tahun 2002.
Sejalan dengan banyaknya permintaan dari para pelanggan dan biro perjalanan agar PO. SAFARI DHARMA RAYA tidak hanya menyediakan bis eksekutif dan super eksekutif saja, maka sejak akhir tahun 2000 mulai menyediakan bis-bis pariwisata dengan beberapa pilihan kapasitas tempat duduk sesuai dengan kebutuhan/permintaan para pengguna jasa layanan kami.
Pada tahun 2002 PT. SAFARI DHARMA SAKTI mengikuti proses tender pengadaan & pelayanan bis angkutan bandara yang diadakan oleh PT. GAPURA ANGKASA untuk pelayanan di dalam bandara Ngurah Rai Denpasar & berhasil mendapatkan kepercayaan dari PT. GAPURA ANGKASA untuk melaksanakan pekerjaan tersebut dengan masa kontrak awal selama 5 tahun.
Dengan pengalaman selama lebih dari 30 tahun menggeluti bisnis transportasi penumpang dengan spesialisasi pada bis-bis eksekutif & super eksekutif yang kemudian diperluas dengan bis pariwisata
dan bus angkutan bandara, ke depan di samping tetap konsisten mengembangkan sektor tersebut, PO. SAFARI DHARMA RAYA akan melakukan penetrasi pasar dengan menggarap kebutuhan akan
armada bis dengan spesifikasi ataupun kebutuhan khusus, misalnya bis untuk angkutan karyawan perkebunan ataupun pertambangan yang menuntut tingkat keselamatan yang tinggi.
spesifikai Lega sky
Legacy Sky SR-1 merupakan produk andalan dari karoseri Asal Ungaran, Semarang, Jawa Tengah Karoseri Laksana. Menginat Seri bus ini laris manis dipasaran jadi kami ingin mengenalkan spesifikasi standarnya. Eksterior khas Legacy Sky dengan LegaLight dan selendang yang tajam, Seri Legacy SR-1 adalah pembaharuan dari seri Legacy yang sebelumnya selendang dengan pola anak panah terbalik atau berlawanan dari yang sekarang.
Awalnya Legacy dirancang untuk bus pariwisata dengan tempat duduk yang lebih tinggi dan kaca samping lebih besar, hingga penumpang dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalan dengan lebih jelas. Dilengkapi dengan interior kualitas terbaik dan pengaturan kecerahan lampu LED. Sudah Banyak PO yang menggunakan body legacy ini, antara lain Sumber Alam, Sinar Jaya, PO SAN, Madu Kismo, Tunggal Daya, Rosalia Indah, dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Berikut spesifikasi teknisnya:
CHASSIS
|
Rear Engine Chassis Only
|
ENTERTAINMENT SYSTEM
|
Video System
Up To 32" LCD TV (With Manual Folding Mechanism)
Audio System
DVD Player + 6 Speakers
|
EXTERIOR
|
Body Panel
Galvanealed Steel
Windscreen
Side Windows
Tempered Glass
Fixed Glass
|
Front Door
|
Swing / Sliding Manual / Pneumatic Plug
|
Rear Door
|
Swing / Sliding Manual / Pneumatic Plug
|
Driver Door
|
Without Driver Door (Optional Driver Door With Swing Hinge Mechanism)
|
INTERIOR
|
Overhead Luggage Rack
Luggage Rack (Optional Luggage Rack With Aluminum Lid)
|
Flooring
|
PVC Vinyl Flooring
|
Max Seating Capacity
|
47 Seats (2-2 Configuration)
59 Seats (2-3 Configuration)
|
SAFETY FEATURES
|
Emergency Roof Hatch
Emergency Door
Safety Hammer
Fire Extinguisher
|
Sabtu, 27 April 2013
Spesifikasi laksana discovery
Discovery ini pertama kali diperkenalkan dalam event Indonesia International Motor Show 20 - 30 September 2012 di Kemayoran Jakarta. Bus ini dirancang untuk kepuasan penumpang jarak pendak dan kenyamanan penumpang jarak jauh. Interior dirancang sederhana namun elegan dan tetap mamanjakan penumpang. Seri Discovery ini menjadi pendanping seri Legacy sebagai jajaran bigbus andalan dari Karoseri Laksana. Berikut Spesifikasi standardnya
CHASSIS
Rear / Front Engine Chassis
Video System
Up To 22" LCD TV (With Manual Folding Mechanism)
Audio System
DVD Player + 6 Speakers
Body Panel
Galvanealed Steel
Windscreen
Laminated Glass
Side Windows
Tempered Glass
Fixed Glass / Sliding Windows
Fixed Glass / Sliding Windows
Front Door
Swing / Sliding Manual / Pneumatic Plug
Rear Door
Swing / Sliding Manual / Pneumatic Plug
Driver Door
Overhead Luggage Rack
Luggage Rack (Optional Without Luggage Rack)
Flooring
PVC Vinyl Flooring
Max Seating Capacity
47 Seats (2-2 Configuration)
59 Seats (2-3 Configuration)
59 Seats (2-3 Configuration)
SAFETY FEATURES
Emergency Roof Hatch
Emergency Door
Safety Hammer
Fire Extinguisher
Emergency Door
Safety Hammer
Fire Extinguisher
Sumber : Karoseriindonesia.Blogspot.Com
Selasa, 23 April 2013
BisMania Wadahnya Para Pencinta Bus
Berwisata menggunakan pesawat terbang kini memang menjadi pilihan banyak orang. Selain karena harga tiket yang semakin terjangkau, waktu tempuhnya jauh lebih singkat. Tetapi, keuntungan tersebut sepertinya tidak berpengaruh bagi mereka pencinta alat tranportasi darat seperti bus.
Dengan menggunakan bus, para penikmatnya bisa sambil melihat pemandangan. Bahkan lebih dari itu, para penggemar bus ini ternyata juga menyukai fisik bus secara utuh. Siapa mereka? Mereka adalah BisMania Community (BMC).
"BisMania Community adalah komunitas penggemar bus Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan mayoritas di Pulau Jawa. Mereka adalah masyarakat yang menjadikan bus tidak sekadar alat transportasi, tetapi juga aneka kreasi dan hobi," ujar Wahyudi Irianto, anggota sekaligus penasihat BMC.
Segala hal yang berhubungan dengan bus mereka akomodasi dalam komunitas ini, mulai dari bus antarkota, bus kota, bus pariwisata, minibus, hingga teknologi dunia perbusan, termasuk segala hal yang menyangkut bus.
BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC.
"Ketertarikan individu di dalam BisMania itu macam-macam. Ada yang hobi fotografi, ada yang paham soal bodi bus dari berbagai macam model atau karoseri, ada yang paham tentang sasis, baik tipe atau spesifikasinya, ada tertarik mesin dan lain-lain," kata Wahyudi.
"Jadi, BMC dibentuk tujuan utamanya bukan untuk rekreasi, tetapi lebih pada kesukaan dengan fisik bus dalam aspek apa pun. Jadi, semua detail tentang bus kita ingin tahu. Misalnya tentang sasis, bodi, mesin, hingga karoserinya," papar Wahyudi.
Wahyu menambahkan melalui BMC, mereka saling berbagi ilmu dan pengalaman di bidang otomotif, khususnya tentang dunia perbusan di antara anggota. "BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC," ungkap dia.
Usia anggota di komunitas ini tidak dibatasi. Tidak ada masalah usia dan latar belakangnya. Sekarang sudah ada 3.000 sampai 4.000 anggota aktif yang bergabung di komunitas BisMania dari seluruh Indonesia.
Setiap minggu ada kopdar (kopi darat atau pertemuan) di terminal. Ada juga kopdar akbar, ada acara road race dengan bus, acara kunjungan, jambore dan family gathering, touring bersama, dan lain-lain.
Berawal dari Sebuah Blog
Komunitas ini berawal dari penuturan seseorang di sebuah blog. Saat itu, penulis menceritakan tentang perjalanannya saat menggunakan bus. Thread tersebut ternyata mengundang banyak pengunjung, menciptakan sebuah suasana diskusi, mulai dari kualitas karoseri bus, pelayanan suatu perusahaan otobus, bahkan sampai bedah mesin.
Melihat mereka yang memiliki kecintaan dan minat pada bus tidak sedikit, para pelopor BMC berpikir untuk mengorganisasi rekan-rekan pencinta bus dalam satu wadah, dalam hal ini komunitas sehingga bisa memaksimalkan ide, gagasan, atau hobi tersebut dalam tempat tersendiri, tidak selalu nebeng dalam blog pribadi mengingat peminat obrolan tentang bus semakin banyak.
"Disusul oleh rekan-rekan yang lain, diadakanlah beberapa kali kopi darat hingga akhirnya memutuskan untuk membuat suatu komunitas bus dengan mailing list bertitel bismania@yahoogroups.com sebagai sarana bertukar informasi, yang juga merupakan tanda resmi berdirinya BisMania Community tahun 2007," pungkas Wahyudi. san/R-5
Memberikan Output Positif
BMC dibentuk bukan sekadar menjadi komunitas yang mengedepankan kumpul-kumpul semata. Sebagai sebuah organisasi, komunitas ini memiliki misi yang jelas, di antaranya menjalin kerja sama yang erat dan saling menguntungkan di antara sesama anggota BMC maupun dengan pihak di luar BMC seperti operator PO, Dinas Perhubungan, DLLAJ, dan instansi-instansi terkait.
"Misi tersebut tercetus karena kami ingin keberadaan BMC berguna bagi masyarakat, khususnya pengguna bus. Kami ingin memberikan output positif bagi masyarakat," ucap Wahyudi.
Untuk menjalankan misinya, BMC sering terjun langsung ke terminal-terminal bus dan berbincang dengan dengan calon penumpang. Dari situlah mereka akan menampung segala keluhan dan saran dari masyarakat.
"Banyak penumpang bus yang tidak tahu cara menyalurkan aspirasinya. Karena itulah kami mengambil peran sebagai mediator dan menyampaikan langsung segala keluhan kepada operator PO bersangkutan," papar Wahyudi.
Keseriusan BMC untuk memperbaiki segala fasilitas yang ada di bus juga dilakukan dengan mengikuti berbagai seminar yang diadakan oleh instansi pemerintah. Dari situ mereka mendesak agar pemerintah segera membuat regulasi yang lebih bermanfaat bagi kemajuan sarana transportasi di Indonesia, khususnya bus.
"Kami sering diundang pemerintah ke acara seminar tentang keselamatan transportasi atau yang lain. Di sana kami sampaikan aspirasi masyarakat, misalnya tentang larangan merokok di dalam kendaraan umum atau muatan berlebih yang bisa membahayakan penumpang," imbuh dia.
Kegiatan lain yang dilakukan untuk mendukung misi BMC di antaranya adalah kunjungan dan diskusi ke perusahaan karoseri dan otobus, pabrikan dan industri terkait, serta ikut serta dan berperan aktif dalam diskusi transportasi yang diadakan oleh lembaga/instansi terkait.
Diskusi mengenai layanan perusahaan otobus itu termasuk memberikan saran, kritik, dan masukan, mempresentasikan hasil survei layanan operator, serta kuliah tata kelola industri otobus dari PO.
Kunjungan dan diskusi ke perusahaan karoseri dan industri pendukungnya bertujuan mengetahui proses pembuatan bus, menyampaikan saran, kritik, dan masukan untuk pihak karoseri, memaparkan hasil survei produk karoseri oleh BMC, serta kuliah dari pihak karoseri tentang industri karoseri.
Tidak berhenti sampai di situ, BMC juga tidak lupa berbagi dengan sesama lewat kegiatan bakti bakti social, di antaranya mengadakan sunatan massal, membantu korban Merapi, mengunjungi panti asuhan, menggelar aksi donor darah, dan membantu korban gempa di Padang, Sumatra Barat.
"Saat menggelar kegiatan baksos, kita selalu mendapat dukungan penuh dari PO terkait, misalnya saat gempa di Padang, semua bantuan dari BMC yang berasal dari luar Padang langsung didistribusikan secara gratis," ujar Wahyu. san/R-5
Dengan menggunakan bus, para penikmatnya bisa sambil melihat pemandangan. Bahkan lebih dari itu, para penggemar bus ini ternyata juga menyukai fisik bus secara utuh. Siapa mereka? Mereka adalah BisMania Community (BMC).
"BisMania Community adalah komunitas penggemar bus Indonesia, yang anggotanya tersebar di berbagai kota di Indonesia dengan mayoritas di Pulau Jawa. Mereka adalah masyarakat yang menjadikan bus tidak sekadar alat transportasi, tetapi juga aneka kreasi dan hobi," ujar Wahyudi Irianto, anggota sekaligus penasihat BMC.
Segala hal yang berhubungan dengan bus mereka akomodasi dalam komunitas ini, mulai dari bus antarkota, bus kota, bus pariwisata, minibus, hingga teknologi dunia perbusan, termasuk segala hal yang menyangkut bus.
BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC.
"Ketertarikan individu di dalam BisMania itu macam-macam. Ada yang hobi fotografi, ada yang paham soal bodi bus dari berbagai macam model atau karoseri, ada yang paham tentang sasis, baik tipe atau spesifikasinya, ada tertarik mesin dan lain-lain," kata Wahyudi.
"Jadi, BMC dibentuk tujuan utamanya bukan untuk rekreasi, tetapi lebih pada kesukaan dengan fisik bus dalam aspek apa pun. Jadi, semua detail tentang bus kita ingin tahu. Misalnya tentang sasis, bodi, mesin, hingga karoserinya," papar Wahyudi.
Wahyu menambahkan melalui BMC, mereka saling berbagi ilmu dan pengalaman di bidang otomotif, khususnya tentang dunia perbusan di antara anggota. "BMC merupakan wadah pemersatu bagi seluruh penggemar bus di Tanah Air yang ingin menyalurkan hobinya, berbagi ilmu dan pengalaman, serta mendapat manfaat atas keikutsertaannya dalam BMC," ungkap dia.
Usia anggota di komunitas ini tidak dibatasi. Tidak ada masalah usia dan latar belakangnya. Sekarang sudah ada 3.000 sampai 4.000 anggota aktif yang bergabung di komunitas BisMania dari seluruh Indonesia.
Setiap minggu ada kopdar (kopi darat atau pertemuan) di terminal. Ada juga kopdar akbar, ada acara road race dengan bus, acara kunjungan, jambore dan family gathering, touring bersama, dan lain-lain.
Berawal dari Sebuah Blog
Komunitas ini berawal dari penuturan seseorang di sebuah blog. Saat itu, penulis menceritakan tentang perjalanannya saat menggunakan bus. Thread tersebut ternyata mengundang banyak pengunjung, menciptakan sebuah suasana diskusi, mulai dari kualitas karoseri bus, pelayanan suatu perusahaan otobus, bahkan sampai bedah mesin.
Melihat mereka yang memiliki kecintaan dan minat pada bus tidak sedikit, para pelopor BMC berpikir untuk mengorganisasi rekan-rekan pencinta bus dalam satu wadah, dalam hal ini komunitas sehingga bisa memaksimalkan ide, gagasan, atau hobi tersebut dalam tempat tersendiri, tidak selalu nebeng dalam blog pribadi mengingat peminat obrolan tentang bus semakin banyak.
"Disusul oleh rekan-rekan yang lain, diadakanlah beberapa kali kopi darat hingga akhirnya memutuskan untuk membuat suatu komunitas bus dengan mailing list bertitel bismania@yahoogroups.com sebagai sarana bertukar informasi, yang juga merupakan tanda resmi berdirinya BisMania Community tahun 2007," pungkas Wahyudi. san/R-5
Memberikan Output Positif
BMC dibentuk bukan sekadar menjadi komunitas yang mengedepankan kumpul-kumpul semata. Sebagai sebuah organisasi, komunitas ini memiliki misi yang jelas, di antaranya menjalin kerja sama yang erat dan saling menguntungkan di antara sesama anggota BMC maupun dengan pihak di luar BMC seperti operator PO, Dinas Perhubungan, DLLAJ, dan instansi-instansi terkait.
"Misi tersebut tercetus karena kami ingin keberadaan BMC berguna bagi masyarakat, khususnya pengguna bus. Kami ingin memberikan output positif bagi masyarakat," ucap Wahyudi.
Untuk menjalankan misinya, BMC sering terjun langsung ke terminal-terminal bus dan berbincang dengan dengan calon penumpang. Dari situlah mereka akan menampung segala keluhan dan saran dari masyarakat.
"Banyak penumpang bus yang tidak tahu cara menyalurkan aspirasinya. Karena itulah kami mengambil peran sebagai mediator dan menyampaikan langsung segala keluhan kepada operator PO bersangkutan," papar Wahyudi.
Keseriusan BMC untuk memperbaiki segala fasilitas yang ada di bus juga dilakukan dengan mengikuti berbagai seminar yang diadakan oleh instansi pemerintah. Dari situ mereka mendesak agar pemerintah segera membuat regulasi yang lebih bermanfaat bagi kemajuan sarana transportasi di Indonesia, khususnya bus.
"Kami sering diundang pemerintah ke acara seminar tentang keselamatan transportasi atau yang lain. Di sana kami sampaikan aspirasi masyarakat, misalnya tentang larangan merokok di dalam kendaraan umum atau muatan berlebih yang bisa membahayakan penumpang," imbuh dia.
Kegiatan lain yang dilakukan untuk mendukung misi BMC di antaranya adalah kunjungan dan diskusi ke perusahaan karoseri dan otobus, pabrikan dan industri terkait, serta ikut serta dan berperan aktif dalam diskusi transportasi yang diadakan oleh lembaga/instansi terkait.
Diskusi mengenai layanan perusahaan otobus itu termasuk memberikan saran, kritik, dan masukan, mempresentasikan hasil survei layanan operator, serta kuliah tata kelola industri otobus dari PO.
Kunjungan dan diskusi ke perusahaan karoseri dan industri pendukungnya bertujuan mengetahui proses pembuatan bus, menyampaikan saran, kritik, dan masukan untuk pihak karoseri, memaparkan hasil survei produk karoseri oleh BMC, serta kuliah dari pihak karoseri tentang industri karoseri.
Tidak berhenti sampai di situ, BMC juga tidak lupa berbagi dengan sesama lewat kegiatan bakti bakti social, di antaranya mengadakan sunatan massal, membantu korban Merapi, mengunjungi panti asuhan, menggelar aksi donor darah, dan membantu korban gempa di Padang, Sumatra Barat.
"Saat menggelar kegiatan baksos, kita selalu mendapat dukungan penuh dari PO terkait, misalnya saat gempa di Padang, semua bantuan dari BMC yang berasal dari luar Padang langsung didistribusikan secara gratis," ujar Wahyu. san/R-5
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking